Mengatur waktu BUKAN di atur waktu untuk mahasiswa

| 24 Feb 2012
Setelah saya membahas tentang DiCintai Dan Mencintai ..

Sekarang saya mau berbagi tips pada Sahabat Prince Flavo Tentang Mengatur Waktu Bukan Di atur Waktu ..
hahaha.. Dari Judul nya saja sudah Terlihat Seru ..

Langsung saja ya Sobat ..



Semua orang memiliki jumlah waktu yang sama setiap harinya. Dalam satu minggu kita menghabiskan 168 jam. Setengah dari waktu yang kita gunakan habis karena empat hal, yaitu: tidur, makan, bergaul dan ngeBLOG . hahaha

Sering kali ditemui bahwa banyak mahasiswa yang masih belum dapat mengatur waktu dengan cara efisien sehingga mereka mengalami kesulitan dalam mengatur jadwal yang tentunya sangat penuh dengan aktivitas dan juga kegiatan belajar.
Masalah yang muncul dalam mengatur waktu adalah jika setiap hari kita memiliki kegiatan dan sulit untuk dikontrol, maka masalah akan muncul. Masalah yang muncul tersebut disebabkan oleh beberapa faktor yaitu perencanaan yang tidak terorganisasi, tidak jelas, melenceng, tidak konsisten, tidak ada tujuan, dan kurang efektif dalam menggunakan waktu. Akan sangat membantu jikakita menuliskan beberapa masalah yang muncul dalam pengaturan waktu.

 Ada beberapa tips atau strategi yang dapat membantu mahasiswa dalam mengatur waktunya agar lebih berhasil dalam belajar dan beraktivitas:

 1. Perhatikan kapan waktu luang yang dimiliki. Waktu luang yang dimaksud adalah waktu yang membebaskan kita dari segala aktivitas kuliah, kursus atau kegiatan lainnya.
 2. Perhatikan kondisi kita yang paling fit untuk belajar, misal dimalam hari atau dini hari.
3. Buatlah jadwal untuk mengatur waktu belajar dan juga akitivitas yang akan dilakukan. Idelanya, waktu untuk belajar adalah 90 menit ditambah waktu istirahat. Buat variasi dalam belajar, misal ganti lokasi belajar atau ajak teman untuk belajar.
 4. Jagalah motivasi belajar dengan cara membuat target.
5. Perhatikan kondisi tubuh. Kesehatan adalah segalanya. Karena itu, dalam membuat jadwal masukkan juga waktu istirahat.
6. Saat belajar tidak selalu harus melakukan tugas. Buatlah waktu untuk membaca materi pelajaran dua kali. Pertama, sebelum memulai kuliah (masuk kuliah) dan kedua setelah kuliah. Hal tersebut akan membantu ingatan jangka panjang.
7. Setelah melakukan semua kegitan, maka sisakan waktu lima menit untuk mengevaluasi kegiatan Anda. Apakah sudah dijalankan sesuai jadwal atau sebaliknya.

Jujur .. Saya Juga masih berantakan dalam mengatur waktu .. haha
Semoga postingan Mengatur Waktu BUKAN di atur waktu untuk Mahasiswa ..


Happy Blogging Sobat Blogger .. :D

2 komentar:

  1. Setuju, Waktu bagaikan pedang jika tidak digunakan dengan sebaik-baiknya, Jika kita tidak memotong waktu (memanfaatkan),maka kita akan di potong oleh waktu tersebut.......

    Musuh yang terpenting mengenai pengaturan Waktu adalah "Menunda2". mari kita jauhkan menunda2...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sob ..
      Hindari Menunda2 .. :D
      makasih sob sudah mau berkunjung ..

      Hapus

Next Prev
▲Top▲