Final Fantasy

| 10 Des 2011


Final Fantasy VII… Siapa yang tidak kenal dengan seri FF yang satu ini? Petualangan Cloud dkk dianggap oleh sebagian besar penggemar FF sebagai FF terbaik dari semua FF yang pernah dirilis oleh Square sampai saat ini. Data penjualan pun menunjukkan demikian, sampai desember 2005 FFVII telah terjual 9.8 juta kopi (baca: Original) yang menunjukkan kalau FFVII merupakan FF dengan penjualan tertinggi dari semua FF. Dan juga membantu konsol video game pertama Sony -Playstation- untuk mengalahkan dominasi para pemain veteran yaitu Nintendo dan Sega.


Awal pengembangan FFVII (1994) sebetulnya ditujukan untuk mesin Nintendo yaitu SNES. Tapi karena media yang dipakai oleh SNES yaitu Cartridge, tidak memungkinkan untuk menampung data-data yang lebih besar maka Squaresoft lebih memilih CD-Rom yang kapasitasnya lebih besar dibanding cartridge yang juga dipakai oleh penerus SNES, Nintendo 64.
Hal ini tentu membuat hubungan Square dengan Nintendo menjadi buruk, karena Square lebih memilih Sony yang merupakan pemain baru pada saat itu dibandingkan Nintendo. Hal ini dijawab oleh Sony dengan memberikan dukungan yang sangat besar untuk Square. Dengan dana $100 juta, Sony mempromosikan FFVII ke berbagai media besar macam Coca Cola, Pepsi, Playboy, buku komik amerika (Marvel dan DC), dan lain lain.

FFVII juga dikenal sebagai FF pertama yang menggunakan grafik 3 dimensi baik pada karakter dan lingkungannya khususnya dengan tambahan Cinematic Graphic / CG untuk event-event tertentu yang merupakan hal baru dalam dunia game khususnya RPG (yang nantinya juga menjadi suatu keharusan pada setiap game). Dengan besarnya kesuksesan yang didapat oleh FFVII, Square (Square-Enix nantinya) akan membuat prequel dan sequel dalam berbagai media yang mengisi lubang-lubang cerita yang ditinggalkan oleh FFVII, walaupun itu berarti kembali mematahkan tradisi yang mereka buat sendiri bahwa setiap FF tidak akan memilik sequel bahkan prequel.

THE STORY

Cerita bermula dimana seorang pemuda bernama Cloud Strife bergabung dengan sebuah grup pemberontak bernama Avalanche yang menentang penggunaan sumber energi bumi yang disebut Mako oleh sebuah perusahaan elektronik paling berkuasa yaitu Shinra Corp. Aktifitas Avalanche dimulai dengan mencoba meledakkan sebuah reaktor Mako dan misi tersebut berjalan dengan sukses. Di Avalanche, Cloud bertemu dengan teman-teman seperjuangannya seperti Tifa Lockhart dan Barret Walace. Sayangnya di misi mereka yang kedua tidak berjalan dengan sukses, sehingga Cloud terpisah dengan teman-temannya… 
Setelah sadar akibat ledakan reaktor mako, Cloud ternyata telah dirawat oleh seorang gadis penjual bunga yang bernama Aerith Gainsborough. Untuk membalas kebaikan Aerith, Cloud setuju untuk menjadi bodyguard Aerith untuk sementara waktu, yang juga secara kebetulan mempunyai hubungan yang buruk dengan Shinra Corp.

Shinra Corp sebagai perusahaan yang menguasai sumber energi Mako, juga ternyata diam-diam mempunyai segudang percobaan-percobaan berbahaya. Shinra yang mengetahui kalau Aerith adalah keturunan terakhir dari ras Cetra ingin menculik dan melakukan percobaan padanya. Cloud dan Avalanche tentu tidak tinggal diam, mereka kemudian menyusup kedalam gedung Shinra untuk membebaskan Aerith. Sewaktu mereka berhadapan dengan presiden Shinra, ternyata terjadi kejadian menggemparkan. Sephiroth, seorang pahlawan dan juga mantan prajurit SOLDIER muncul dan langsung membunuh presiden Shinra tersebut.

Dari sinilah inti cerita FFVII dimulai. Cloud dkk akan berpetualang ke seluruh dunia untuk mencari Sephiroth yang berusaha menghancurkan dunia dengan cara mensummon meteor ke bumi. Tentunya mereka akan bertemu lebih banyak kawan dan lawan di perjalanan mereka, dan juga mengalami suka dan duka bersama-sama.

THE GAMEPLAY

Seperti seri FF sebelumnya, FFVII terbagi menjadi 3 mode: peta dunia, peta lapangan, dan layar battle. Pemain bisa menjelajahi dunia dengan banyak cara, mulai dari yang paling dasar seperti berjalan kaki, menyewa chcocobo, kapal selam, sampai pesawat terbang. Pada awalnya ekplorasi pemain hanya akan dibatasi di kota Midgar saja, tetapi sejalan dengan meningkatnya cerita seluruh dunia akan bisa dijelajahi oleh pemain. Di FFVII cerita sebagian besar sudah ditentukan jadi pemain tidak akan diberi pilihan-pilihan yang akan mengubahnya jalan cerita. 
Sewaktu battle FFVII tetap menggunakan Active Time Battle atau ATB, yang sudah digunakan sejak FFIV dan didesain oleh Hiroyuki Ito. Dan tidak seperti FF sebelumnya yang bisa menampung 4-5 karakter dalam satu party, di FFVII hanya diperbolehkan memakai 3 karakter saja dalam satu party.

Sistem skill dalam FFVII akan berkisar pada penggunaan Materia, yang juga menjadi salah satu elemen utama dalam cerita FFVII. Pemain bisa memasang Materia pada slot-slot yang dipunyai oleh senjata dan armor sehingga senjata dan armor tersebut memiliki artibut tertentu. Materia juga memungkinkan pemain untuk memakai Magic, Summon, dan kemampuan unik.
Sayangnya…penggunaan Materia ini membuat seluruh karakter FFVII menjadi sama persis terkecuali Limit Break mereka.

Limit Break adalah sebuah modifikasi dari FFVI “Desperation Attacks”. Setiap karakter  mempunyai sebuah kolom yang akan terisi ketika mereka terkena pukulan dari musuh sewaktu battle. Dan sewaktu kolom tersebut penuh, maka pemain akan bisa menggunakan perintah Limit Break yang akan memberikan damage lebih besar dibandingkan serangan standar. Semakin tinggi level karakter tersebut semakin bervariasi pula Limit Break yang mereka punyai. Tapi ada juga cara atau event-event tertentu untuk mendapatkan Limit Break-Limit Break khusus, tentunya itu akan dibahas di bagian walkthrough ^^

Untuk Mini-Game, FFVII bisa dibilang FF yang mempunyai mini game terbanyak. Pemain bisa berternak Chocobo yang nantinya dengan Chocobo tertentu pemain akan bisa mendapatkan Summon khusus. Lalu mini game selanjutnya tentu yang paling banyak ada di Gold Saucer, disini pemain akan bisa mengadu cepat Chocobo, sampai bermain jackpot yang tentunya bisa menjadi sarana untuk meningkatkan pundi-pundi uang anda.

Lalu ada juga event-event tertentu yang mengharuskan anda memainkan “mini battle” yang berbau action sampai taktik misalnya ketika Cloud membebaskan Aerith pertama kali dari Shinra, Cloud akan memakai motor Harley-nya untuk mengalahkan para pengejar dari Shinra atau di Fort Condor kita bisa bertempur mempertahankan kota ini dari Shinra dengan mengatur taktik prajurit-prajurit Fort Condor.
 

0 komentar:

Posting Komentar

Next Prev
▲Top▲